Thursday 26 May 2016

Ketentuan Penulisan Jurnal Edukasi


KETENTUAN PENULISAN JURNAL  EDUKASI PRODI BK FTK
UIN AR-RANIRY

Kategori dan Ketentuan, dan Teknis Penulisan Artikel
1.      Artikel merupakan hasil penelitian yang melaporkan suatu hasil penelitian yang menarik, relevan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan dan teknologi informasi baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
2.      Artikel non riset yang menyajikan laporan rinci yang berhubungan dengan aspek-aspek pendidikan dan Menyangkut dengan Pelayanan Bimbingan dan Konseling/Psikologi. Sedangkan artikel yang hanya bersifat tinjauan literatur tidak dapat diterima, kecuali artikel tersebut merupakan suatu karya seni yang disusun secara konprehensif oleh seorang ahli yang sudah berpengalaman.
Ketentuan Umum
1.      Mengikuti standar internasional dalam penulisan dan menggunakan referensi dalam format American Psychological Association (APA) Fifth Edition, baik dalam penulisan sub judul, pengutipan, daftar pustaka, maupun penulisan referensi dalam teks. Adapun untuk kutipan dari internet harus menyertakan tanggal akses terakhir.
2.      Artikel ditulis dalam format MS Word dengan jenis huruf times new roman, ukuran 12 pt, panjang tulisan antara 12 – 16 halaman, dan spasi 1,5 pt.
3.      Setiap gambar, tabel, denah, skema, dan grafik hendaknya mencantumkan nomor di bagian atas dan mencantumkan sumber kutipan yang jelas di bagian bawah, masing-masing dengan format center.
Teknis Penulisan Artikel
1.      Setiap rujukan ditulis dengan format foot note, penulisan nama pengarang tanpa gelar, judul buku ditulis italic, kota terbit, nama penerbit, tahun keluaran buku, nomor halaman, dan diakhiri dengan titik. Contoh: Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010), h. 16.
2.      Sumber kutipan dari jurnal nasional (bereputasi internasional) dan jurnal internasional sangat diutamakan dan berpeluang besar untuk dapat diterbitkan setiap edisi.
3.      Setiap artikel harus disertai abstrak minimal 200 kata yang berisi ringkasan poin-poin penting penulisan artikel yang mencakup: asumsi penulis, tujuan penulisan, metodologi penelitian, subjek penelitian, jenis analisis data, dan hasil penelitian, dengan kata kunci minimal 3 – 5 kata. Dan juga Abstrak & Kata Kunci  Disertai dua Bahasa Inggris dan Indonesia.
4.      Mencantumkan curriculum vitae, ditulis dalam bentuk narasi yang mencakup: nama penulis, jenjang pendidikan, pangkat/golongan, NIP, keahlian khusus, dan judul publikasi ilmiah terakhir.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Unordered List

Theme Support

SELAMAT DATANG DI BLOG PRODI BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS TARBIYAH & KEGURUAN UIN AR-RANIRY